ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGLI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI

Mahyogi, Prasantika Candra (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGLI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011076-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011076-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011076-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri sangat penting untuk dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah khususnya peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bangli yang diharapkan memiliki kemampuan yang lebih untuk terjun dalam dunia profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bangli dalam mengerjakan soal HOTS yang ditinjau dari tingkat kepercayaan dirinya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari dari penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kepercayaan diri tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mampu memenuhi tiga dari empat indikator berpikir kritis matematis yaitu interpretasi, evaluasi dan inferensi, namun pada indikator analisis, peserta didik masih belum mampu menuliskan rumus atau strategi yang tepat tetapi mampu memberikan penjelasan dengan tepat; (2) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kepercayaan diri sedang dalam menyelesaikan soal HOTS mampu memenuhi satu dari empat indikator berpikir kritis matematis dengan sangat baik yaitu interpretasi. Pada indikator analisis, evaluasi dan inferensi peserta didik masih belum mampu menuliskan rumus atau strategi yang tepat, belum mampu mengevaluasi dan menghitung hasil jawaban, serta belum mampu menuliskan kesimpulan dengan benar dan tepat; (3) Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kepercayaan diri rendah dalam menyelesaikan soal HOTS belum mampu memenuhi indikator berpikir kritis matematis yaitu menginterpretasikan permasalahan melalui informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan tepat dan lengkap, sehingga indikator lainnya seperti analisis, evaluasi, dan inferensi juga belum dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Soal HOTS, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Prasantika Candra Mahyogi
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:33
Last Modified: 16 Jul 2024 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20592

Actions (login required)

View Item View Item