Sastrawan, I Made Adi (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF JOLLY PHONICS MUATAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 1 PESEDAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031294-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031294-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031294-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (556kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031294-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031294-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031294-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031294-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031294-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031294-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun video interaktif Jolly Phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan (2) Menguji kelayakan video interaktif Jolly Phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan (3) mengetahui efektivitas video interaktif Jolly Phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: ahli rancang bangun, ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang dengan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Hasil penelitian (1) Rancang bangun berupa file video interaktif memuat materi membaca permulaan dikemas dengan animasi interkatif, warna yang menarik dengan contoh objek gambar kemudian diaplikasikan dalam bentuk kegiatan bernyanyi dapat digunakan dengan layar proyektor, dan bisa diakses melalui link google drive. (2) Video interaktif Jolly Phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan dengan kelayakan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase (89%), (b) hasil review ahli media memperoleh persentase (90%), (c) hasil uji perorangan memperoleh persentase (83,3%) dan (d) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase (87,2%) dinyatakan layak. (3) Efektivitas diperoleh thitung sebesar 21,87 dan diperoleh ttabel sebesar 1,833 maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Maka thitung = 21,87 > ttabel = 1,833 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima terdapat perbedaan signifikan 5% pemerolehan skor membaca permulaan anatara sebelum dan sesudah menggunakan video interaktif jolly phonics maka dikatakan efektif. Disimpulkan bahwa video interaktif Jolly Phonics layak dan efektif dugunakan dalam pembelajaran muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SD Negeri 1 Pesedahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video Interaktif, Jolly Phonics, Bahasa Indonesia, Membaca Permulaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I MADE ADI SASTRAWAN |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20646 |
Actions (login required)
View Item |