Nogu, Gaudensia Yani (2024) AKULTURASI BUDAYA LOKAL DAN BUDAYA EROPA PADA BANGUNAN GEREJA KRISTUS RAJA PAGAL, KELURAHAN PAGAL, MANGGARAI, NTT DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914021015 - COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914021015 - ABSTRAK.pdf Download (794kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1914021015 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1914021015 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1914021015 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914021015 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1914021015 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914021015 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (723kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914021015 - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, bentuk akulturasi dan aspek apa saja yang dapat digunakan Gereja Kristus Raja Pagal yang dapat dijadikan sumber belajara Sejarah di SMA sebagai media pembelajaran sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Hasil penelitian ini adalah latar belakang dari terjadinya akulturasi antara budaya lokal dengan budaya Eropa di Gereja Kristus Raja Pagal, karena kedatangan Bangsa Eropa ke Manggarai dan menyebarkan agama Kristen Protestan, sehingga terjadi akulturasi budaya Eropa dan lokal. Bntuk-bentuk akulturasi yang ada di Gereja Kristus Raja Pagal berupa arsitektur Manggarai yaitu bangunan Mbaru Gendang dan di atasnya terdapat Salib. Aspek akulturasi Gereja Kristus Raja Pagal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar di SMA yaitu aspek historis, aspek artefak, dan aspek pendidikan karakter. Hasil kajian ini berkontribusi pada pembelajaran yang kontekstual dan pengembangan materi sejarah lokal pada pembelajaran Sejarah di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akulturasi; pembelajaran;kontekstual |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Gaudensia Yani Nogu |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20648 |
Actions (login required)
View Item |