PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FOTOSINTESIS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Merita, Kadek (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FOTOSINTESIS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031215-COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031215-ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031215-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031215-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi untuk siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, serta keefektivannya dalam peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menerapkan metode non-tes serta tes. Metode non-tes yang dipakai yakni rating scale dan kuesioner, sedangkan metode tes yang digunakan yaitu soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini yaitu (1) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dalam bentuk cetak memuat materi bagian tubuh tumbuhan dan fotosintesis (2) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dinyatakan layak dilihat dari hasil penilaian uji ahli media serta ahli materi pembelajaran mendapat kualifikasi kategori sangat baik (3) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian oleh pengguna, yakni oleh guru dan siswa dengan kualifikasi sangat baik (4) efektivitas penggunaan media pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi mampu dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Pengastulan, melalui hasil uji-t yang memperlihatkan bahwa perolehan nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi 5% yakni memperoleh nilai 0,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pop-up book, QR Code, video animasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Merita
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:24
Last Modified: 18 Jul 2024 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item