Merita, Kadek (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FOTOSINTESIS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031215-COVER.pdf Download (497kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031215-ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031215-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031215-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi untuk siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, serta keefektivannya dalam peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menerapkan metode non-tes serta tes. Metode non-tes yang dipakai yakni rating scale dan kuesioner, sedangkan metode tes yang digunakan yaitu soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini yaitu (1) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dalam bentuk cetak memuat materi bagian tubuh tumbuhan dan fotosintesis (2) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dinyatakan layak dilihat dari hasil penilaian uji ahli media serta ahli materi pembelajaran mendapat kualifikasi kategori sangat baik (3) media pembelajaran pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian oleh pengguna, yakni oleh guru dan siswa dengan kualifikasi sangat baik (4) efektivitas penggunaan media pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi mampu dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Pengastulan, melalui hasil uji-t yang memperlihatkan bahwa perolehan nilai signifikansi lebih kecil daripada taraf signifikansi 5% yakni memperoleh nilai 0,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-up book, QR Code, video animasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Merita |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20657 |
Actions (login required)
View Item |