PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOPIK NORMA DAN ATURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS IV SD

Sari, Ni Made Dwi Kartika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOPIK NORMA DAN ATURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031122-COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031122-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031122-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031122-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mencapai tiga hal: pertama, merancang media komik digital berbasis pendidikan karakter; kedua, mengevaluasi validitas dan respons guru terhadap media tersebut; dan ketiga, menguji efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Fokus penelitian adalah pada validitas isi media komik digital, materi yang disampaikan, respons guru, dan efektivitas media dalam konteks pendidikan karakter. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital ini mencapai tingkat validitas isi yang tinggi, baik untuk media maupun materi yang disajikan, serta mendapat respons sangat baik dari guru. Selain itu, media ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji-t yang signifikan dengan p < 0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya dukungan yang kuat untuk penggunaan media komik digital sebagai alat pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar, mendukung upaya peningkatan hasil belajar secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Media Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dwi Kartika Sari
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:57
Last Modified: 18 Jul 2024 07:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item