PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG

Dewi, Komang Yesi Cantika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031291-COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031291-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031291-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031291-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031291-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031291-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031291-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031291-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031291-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat penting di abad 21, namun kurangnya inovasi pembelajaran menyebabkan sulitnya terbentuk keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini ialah melakukan peningkatan keterampilan berpikir kritis ssiwa kelas IV melalui model pembelajaraj PBL (Problem Based Learning) dengan bantuan mind mapping. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan desain posttest only control group design. Data dianalisis menggunakan analisis independent t-test untuk menarik kesimpulan dilengkapi dengan analisis deskriptif serta analisis uji prasyarat melalui uji normalitas varians dan homogenitas. Berdasar pada analisis data, didapatkan bahwa t hitung > t tabel t hitung > t tabel (10,638 > 1,677) selain itu juga diperoleh nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Yang mana, bisa dilakukan penarikan simpulan bahwasanya ada pengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan bantuan mind mapping dan kelompok yang memakai metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD. Kemudian, dari hasil uji effect size didapati hasil sebesar 1,52 dengan kriteria efektivitas tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan kemurnian efektivitas tergolong tinggi. Jadi, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan mind mapping memiliki pengaruh yang tinggi pada keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, mind mapping, berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Yesi Cantika Dewi
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:16
Last Modified: 19 Jul 2024 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item View Item