Damayanti, Ni Nengah Lidya (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011044-ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011044-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Sampai saat ini, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengakomodasi pelatihan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pupuan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dan menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pupuan. Sampel penelitian yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIIC dengan 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB dengan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji-t sebagai teknik analisis data. Hasil dari uji-t penelitian ini didapatkan nilai t_hitung= 4.087 dan t_tabel= 1.665 (t_hitung>t_tabel ) sehingga H_0 ditolak. Hasil penelitian dapat diketahui dengan membandingkan hasil rata-rata nilai posttest. Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 76.107 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 64.091. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pupuan yang mendapat perlakuan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Wordwall, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Lidya Damayanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20753 |
Actions (login required)
View Item |