INVESTIGATING THE USE OF THE CAKE APPLICATION TO ENHANCE PRONUNCIATION SKILLS OF 6TH GRADE STUDENTS AT SD N 1 BAKTISERAGA: A CLASSROOM ACTION RESEARCH

Arya Sujana, I Kadek Berli (2024) INVESTIGATING THE USE OF THE CAKE APPLICATION TO ENHANCE PRONUNCIATION SKILLS OF 6TH GRADE STUDENTS AT SD N 1 BAKTISERAGA: A CLASSROOM ACTION RESEARCH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021129-COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021129-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021129-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021129-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021129-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan dalam menguasai keterampilan pengucapan Bahasa Inggris, khususnya di kalangan siswa kelas enam SD N 1 Baktiseraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus untuk meningkatkan kemampuan pengucapan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu aplikasi CAKE. Sebanyak 25 siswa terlibat dalam penelitian ini, dengan fokus pada interaktivitas dan daya tarik media teknologi sebagai metode pembelajaran. Pengamatan awal menunjukkan tantangan yang dihadapi siswa dalam pengucapan serta tingkat keterlibatan yang rendah. Intervensi dilakukan dengan merancang rencana pembelajaran yang mengintegrasikan aplikasi CAKE, dengan fokus pada percakapan sehari-hari dan latihan berbicara praktis. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur kemajuan siswa serta observasi menggunakan Triple E Framework untuk mengevaluasi interaksi siswa dengan teknologi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengucapan dan partisipasi siswa di kelas. Keseragaman dalam kemampuan pengucapan siswa juga mengalami peningkatan, menunjukkan bahwa variasi dalam keterampilan siswa mengalami penurunan. Penelitian ini menyoroti efektivitas penggunaan teknologi seluler, khususnya aplikasi CAKE, dalam meningkatkan keterampilan pengucapan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Implikasinya menunjukkan bahwa integrasi tujuan pembelajaran dengan aplikasi CAKE dapat signifikan meningkatkan hasil pembelajaran bahasa dan seharusnya dipertimbangkan untuk penerapan dalam pendidikan secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi CAKE, Pengucapan Bahasa Inggris, Metode PTK, Kerangka Triple E,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Kadek Berli Arya Sujana
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:41
Last Modified: 22 Jul 2024 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20776

Actions (login required)

View Item View Item