PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN SISWA SMP

Ariasih, Ni Putu (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011011008-COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011011008-ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011011008-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, serta keefektifan buku panduan konseling kognitif behavioral teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kebahagiaan siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development) dengan menggunakan model 4D. Penelitian ini dilakukan uji validitas isi dengan menggunakan 5 orang ahli. Pengumpulan data dalam uji validitas ini dilakukan dengan menggunakan instrumen validitas ahli yang dianalisis menggunakan rumus CVR dan CVI serta uji efektifitas dalam penelitian ini melibatkan 31 orang siswa kelas IX A11 di SMP Negeri 1 Singaraja sebagai subjek penelitian, dan menggunakan eksperimen one group pre-test dan post-test design. Temuan yang didapatkan peneliti adalah masih banyak siswa tidak bahagia dikarenakan persaingan didalam kelas untuk menjadi yang terbaik, siswa juga merasa tertekan saat pembelajaran berlangsung, dan siswa kurang berkonsentrasi serta mudah merasa bosan saat pelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa pengembangan buku panduan konseling kognitif behavioral teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan kebahagiaan siswa SMP. Kata Kunci: Konseling Kognitif Behavioral, Teknik Cognitive Restructuring, 4D, Kebahagiaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kognitif Behavioral, Teknik Cognitive Restructuring, 4D, Kebahagiaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Putu Ariasih
Date Deposited: 20 Jul 2024 07:02
Last Modified: 20 Jul 2024 07:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20813

Actions (login required)

View Item View Item