Pratiwi, Ni Putu Ayu Maharani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2013011010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011010-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011010-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-komik berbasis kontekstual yang memiliki karakteristik, 1) e-komik menyajikan materi dalam bentuk visual yang berkaitan dengan konsep pecahan yang dapat memudahkan siswa untuk mengklasifikasi objek dalam membentuk konsep pecahan serta memudahkan siswa untuk memahami serta menyebutkan contoh dan bukan contoh konsep, 2) e-komik memuat cerita bergambar yang dikaitkan dengan permasalahan kontekstual yang akan mempermudah siswa untuk mengklasifikasi objek dalam membentuk konsep pecahan, sehingga siswa bisa mengaplikasikan konsep tersebut dikehidupannya. Dengan karakteristik itu e-komik kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pengembangan e-komik menggunakan model ADDIE yang dibatasi hanya sampai tahap Analysis, Design, dan Development. Media e-komik yang dihasilkan telah teruji tingkat validitasnya dengan validitas materi e-komik bernilai 4,4 berkategori sangat valid, dan validitas media e-modul bernilai 4,71 berkategori sangat valid. Dari uji coba terbatas, e-komik telah teruji keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,70 yang dikategorikan ‘tinggi” dan telah teruji kepraktisannya dilihat dari aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi berkategori “excellent” dan kebaruan memiliki kategori ‘good”. Dengan demikian e-komik yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa. Namun, media e-komik belum melakukan uji implementasi lebih luas sehingga belum layak untuk diaplikasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-komik kontekstual, pemahaman konsep siswa, pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Maharani Pratiwi |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 00:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20826 |
Actions (login required)
View Item |