LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY VOCATIONAL STUDY PROGRAM STUDENTS IN LANGUAGES AND ARTS FACULTY OF UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Rudiastika, Made (2024) LANGUAGE LEARNING STRATEGIES USED BY VOCATIONAL STUDY PROGRAM STUDENTS IN LANGUAGES AND ARTS FACULTY OF UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021115-COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021115-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021115-LAMPIRAN.pdf

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran bahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi yang digunakan oleh mahasiswa program studi vokasi fakultas bahasa dan seni di sebuah universitas negeri di Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa pada dua program studi yaitu Desain Komunikasi Visual dan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional. Data dikumpulkan melalui kuesioner Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 yang dikembangkan oleh Oxford yang telah diadaptasi dan divalidasi oleh dua orang ahli. Kuesioner terdiri dari 50 pernyataan yang memiliki enam kategori yaitu memori, kognitif, kompensasi. metakognitif, afektif, dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang paling sering digunakan adalah strategi Metakognitif, kemudian strategi cognitive dan memory, dan yang paling jarang digunakan adalah strategi Afektif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor program studi, indeks prestasi akademik, dan motivasi mahasiswa mempengaruhi penggunaan strategi. Strategi pembelajaran bahasa yang tepat dapat membantu hasil belajar pembelajar, oleh karena itu penting mengajarkan strategi pembelajaran bahasa kepada pembelajar. Kata kunci: Strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa, program studi vokasi, SILL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa, program studi vokasi, SILL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: MADE RUDIASTIKA
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:54
Last Modified: 22 Jul 2024 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item