Artawan, I Nyoman Suda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMIFIKASI-KAHOOT PADA TOPIK FOTOSINTESIS MUATAN IPAS KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031234-COVER.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031234-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031234-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031234-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031234-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031234-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031234-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031234-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031234-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, dan kepraktisan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi-kahoot pada topik fotosintesis muatan IPAS kurikulum ditinjau dari isi, desain, dan media untuk Kelas IV SD Negeri 4 Penutukkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis dan mampu berpijak pada landasan teori desain pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan media gamifikasi-kahoot ini yaitu: (1) Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi-kahoot pada topik fotosintesis muatan IPAS kurikulum ditinjau dari isi, desain, dan media untuk Kelas IV SD Negeri 4 Penutukkan, (2) Validitas media gamifikasi-kahoot dinyatakan valid dan layak berdasarkan perolehan persentase ahli materi pembelajaran sebesar 90,6%, ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Berdasarkan uji praktisi diperoleh persentase sebesar 98,75% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi-kahoot pada topik fotosintesis muatan IPAS kurikulum merdeka di Sekolah Dasar sudah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kahoot, IPAS, sekolah dasar, media pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I NYOMAN SUDA ARTAWAN |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 00:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 00:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20853 |
Actions (login required)
View Item |