PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL PADA MATAKULIAH ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI (ADSI) DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Kusuma, Aniek Suryanti (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL PADA MATAKULIAH ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI (ADSI) DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011015-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011015-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap sosial menghambat kemampuan mahasiswa untuk menganalisis dan memecahkan masalah secara efektif, yang merupakan hal utama dari mata kuliah Analisis Desain Sistem Informasi sehingga diperlukan solusi dalam penentuan model dan media ajar yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model project based learning berbantuan e-modul berbasis Tri Hita Karana dan direct instruction berbantuan modul konvensional, self efficacy tinggi dan self efficacy rendah, serta interaksi antara model dengan self efficacy terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 12 kelas mahasiswa INSTIKI semester 3 yang mengambil mata kuliah ADSI. Enam kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling. Data self efficacy dikumpulkan dengan kuesioner, data kemampuan berpikir kritis dengan tes esai, dan data sikap sosial dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan multivariate analysis of covariance dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah model project based learning berbantuan e-modul berbasis THK dan direct instruction dengan menggunakan modul konvensional memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Artinya bahwa mahasiswa yang difasilitasi dengan model project based learning berbantuan e-modul berbasis THK lebih unggul daripada mahasiswa yang difasilitasi dengan direct instruction menggunakan modul konvensional untuk pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Kesimpulan kedua adalah self efficacy tinggi dan self efficacy rendah memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Artinya bahwa mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi mencapai tingkat kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial yang lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki self efficacy rendah. Kesimpulan terakhir adalah Interaksi antara model pembelajaran (project based learning berbantuan e-modul berbasis THK dan direct instruction berbantuan modul konvensional) dengan self efficacy (tinggi dan rendah) memberikan dampak yang berbeda secara signifikan terhadap pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial. Artinya bahwa untuk pencapaian kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial, pengelompokan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah memberi pengaruh yang bervariasi pada model pembelajaran (project based learning berbantuan e-modul berbasis THK dan direct instruction berbantuan modul konvensional) yang digunakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: e-modul, kemampuan berpikir kritis, model project based learning, self efficacy, sikap sosial, Tri Hita Karana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Aniek Suryanti Kusuma
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:03
Last Modified: 22 Jul 2024 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item