PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGELASAN OXY ACETYLENE WELDING (OAW) SISWA KELAS XI TP LAS SMK NEGERI 3 SINGARAJA

ANAM, MUHAMMAD ADAM MUFLIH CHAIRUL (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGELASAN OXY ACETYLENE WELDING (OAW) SISWA KELAS XI TP LAS SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815071002_COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815071002_ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071002_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815071002_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071002_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071002_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071002_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (289kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815071002_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif yang dikenal dengan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Oxy Acetylene Welding (OAW) siswa kelas XI TP Las SMK Negeri 3 Singaraja. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa XI TP Las 1 dan XI TP Las 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data meliputi dokumentasi dan pengujian atau tes berdasarkan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan evaluasi hasil belajar. Untuk memahami dan memudahkan analisis data antara hasil belajar siswa dengan data yang mempengaruhi model pembelajaran kooperatif tipe STAD, digunakan aplikasi Windows SPSS 22 sebagai alat bantunya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD menawarkan kelebihan yang membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD. Rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata pada kelas kontrol. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran STAD, Teknik Pengelasan OAW

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model pembelajaran STAD, Teknik Pengelasan OAW
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Muhammad Adam Muflih Chairul Anam
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:16
Last Modified: 22 Jul 2024 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item