Adrianto, Dodi (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDIO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013021010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013021010-ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021010-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021010-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021010-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021010-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021010-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013021010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Vidio Pembelajaran dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 5 kelas dengan 200 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas (80 siswa) yang dipilih menggunakan random selection technique berbasis kelompok, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan melaksanakan tes yang terdiri dari 10 soal esay. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang belajar dengan model problem based learning berbantuan vidio pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (F = F = 23.819; p < 0,05). Diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model problem based learning berbantuan vidio pembelajaran (M = 74.47 dengan SD = 12,06, kategori baik) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (M = 61.10 dengan SD = 16,8, kategori cukup baik). Oleh karena itu, implikasi untuk mencapai berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika di SMA, sebaiknya difasilitasi dengan menerapkan model Problem Based Learning Berbantuan Vidio.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning berbantuan vidio, model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | DODI ADRIANTO |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 08:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 08:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20891 |
Actions (login required)
View Item |