PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWE POINT INTERAKTIF BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJAR TEGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sekar Arista Florensia, Luh (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWE POINT INTERAKTIF BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJAR TEGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021020-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021020-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021020- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021020-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran power point berbasis cooperative learning type STAD, (2) mendeskripsikan validitas media pembelajaran power point interaktif (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran power point interaktif berbasis cooperative learning type STAD pada muatan pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 2 Banjar Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses rancang bangun pengembangan media pembelajaran power poinT ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) media pembelajaran power point dinyatakan valid dengan hasil review uji ahli isi materi pembelajaran diperoleh skor sebesar 95,71% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 97,64 dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan memperoleh skor 95,42 dengan kualifikasi sangat baik, (3) efektivitas media pembelajaran power point berbasis cooperative learning type STAD yang dilihat dari uji-t dengan perolehan hasil t-hitung sebesar 16,068 dan t-tabel 2,001 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media power point interaktif. Diketahui rata-rata post-test sebesar 85,27 yang berada diatas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran power point interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan desimal kelas IV di SD Negeri 2 Banjar Tegal. Kata Kunci: Pengemabangan, Power point, Interaktif, Cooperative Learning Type STAD, ADDIE, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengemabangan, Power point, Interaktif, Cooperative Learning Type STAD, ADDIE, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Luh Sekar Arista Florensia
Date Deposited: 24 Jul 2024 11:00
Last Modified: 24 Jul 2024 11:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item