Devi, Ni Made Meyra Reditya (2024) CULTURAL CONTENTS OF THE BRIGHT AN ENGLISH TEXTBOOK FOR JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021219-COVER.pdf Download (387kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021219-ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021219-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021219-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021219-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021219-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021219-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021219-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021219-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kategori budaya dan representasinya dalam dimensi budaya di buku teks "Bright an English" untuk kelas VII SMP. Ini adalah studi analisis konten yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui analisis dokumen. Data dipelajari dengan menggunakan dan mencatat data, pengkodean sistematis, membuat kategori, dan menginterpretasikan hasil. Studi ini menghasilkan dua temuan utama. Pertama, kategori budaya sepenuhnya terwakili dalam buku teks, dengan budaya sumber memiliki eksposur tertinggi (41,17%). Budaya target berada di urutan kedua dengan 31,76 persen, diikuti oleh budaya internasional dengan 27,05 persen. Ini menunjukkan dominasi kategori budaya sumber dan kurangnya representasi budaya internasional. Kedua, ada perbedaan dalam penggambaran kategori budaya di berbagai dimensi budaya. Buku teks menggunakan data tekstual (kata-kata, frasa, percakapan, bacaan) dan data gambar untuk menyampaikan informasi. Lima dimensi budaya (produk, praktik, perspektif, komunitas, dan individu) sepenuhnya terwakili dalam budaya target dan budaya internasional melalui data tekstual. Sementara dalam data tekstual, data budaya sumber tidak menampilkan dimensi perspektif dalam buku teks. Representasi dalam bentuk data gambar hadir dalam budaya sumber. Sementara itu, dalam data gambar, budaya target tidak menampilkan dimensi perspektif dan komunitas, sementara budaya internasional tidak menampilkan praktik dan perspektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks, kategori budaya, dimensi budaya |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Meyra Reditya Devi |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 00:15 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 00:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20927 |
Actions (login required)
View Item |