Singta, Aprida (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUCATION BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SD NEGERI 4 KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021019-COVER.pdf Download (492kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021019-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
20110210191-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021019-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan Game Educaion berbasis HOTS pada mata pelajaran IPA materi system tata surya kelas VI SD Negeri 4 Kubutambahan , (2) mengetahui validitas uji ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil pada produk Game Education Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya, (3) mendeskripsikan efektivitas Game Education Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI SD Negeri 4 Kubutambahan setelah digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan sistematis didalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses rancang bangun pengembangan media game edukasi ini dikembangkan melalui tahap model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, (2) game edukasi berbasis HOTS materi system tata surya ini valid dengan (a) hasil review uji ahli isi pembelajaran diperoleh skor sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, (c) uji ahli media pembelajaran diperoleh skor sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik (d) uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 95.33% dengan kualifikasi sangat baik (e) uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 95,11 % dengan kualifikasi baik, (3) media game edukasi berbasis HOTS pada materi system tata surya efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VI di SD Neheri 4 Kubutambahan. Kata Kunci: Pengembangan, Game Education, Kurikulum 2013, The Solar System, High order thinking
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game Education, Kurikulum 2013, Sistem Tata Surya, HOTS, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Aprida Singta |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 11:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 11:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20951 |
Actions (login required)
View Item |