Meliani, Ni Nyoman (2024) DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIAL DEVELOPMENT BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR EIGHTH-GRADE STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021053_COVER.pdf Download (949kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021053_ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021052_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021052_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021052_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021052_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021052_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021053_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021053_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka memperkenankan guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan mempertimbangkan bahwa siswa di dalam kelas memiliki karakter atau cara belajar yang berbeda dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terkait produk yang perlu dikembangkan, mengetahui proses pengembangan produk, dan mengevaluasi kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan metode Design and Development (D&D) Research dengan menggunakan model ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Penelitian ini menggunakan panduan wawancara, kuesioner, lembar observasi, dan lembar penilaian ahli untuk mengumpulkan data. Data diperoleh dari guru, siswa, ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) & modul ajar, dan dosen. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) materi pembelajaran yang perlu dikembangkan adalah materi ajar berdiferensiasi; (2) materi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model ADDE meliputi topik Notice, Caution & Warning Text, dan Procedure Text; dan (3) produk pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas yang "sangat baik". Selain itu, materi pembelajaran yang dikembangkan dapat berguna bagi guru Bahasa Inggris untuk membimbing dan mendukung pembelajaran siswa kelas delapan di semester kedua berdasarkan gaya belajar siswa seperti visual, aural, read/write, dan kinestetik dengan dikombinasikan problem based learning, project based learning, dan discovery learning untuk memberikan pembelajaran berdiffrensiasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Berdiffrensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Meliani |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20955 |
Actions (login required)
View Item |