DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIAL DEVELOPMENT BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR EIGHTH-GRADE STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Meliani, Ni Nyoman (2024) DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIAL DEVELOPMENT BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR EIGHTH-GRADE STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021053_COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021053_ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021052_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021052_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021052_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021052_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021052_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021053_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021053_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka memperkenankan guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan mempertimbangkan bahwa siswa di dalam kelas memiliki karakter atau cara belajar yang berbeda dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terkait produk yang perlu dikembangkan, mengetahui proses pengembangan produk, dan mengevaluasi kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan metode Design and Development (D&D) Research dengan menggunakan model ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Penelitian ini menggunakan panduan wawancara, kuesioner, lembar observasi, dan lembar penilaian ahli untuk mengumpulkan data. Data diperoleh dari guru, siswa, ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) & modul ajar, dan dosen. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) materi pembelajaran yang perlu dikembangkan adalah materi ajar berdiferensiasi; (2) materi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model ADDE meliputi topik Notice, Caution & Warning Text, dan Procedure Text; dan (3) produk pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas yang "sangat baik". Selain itu, materi pembelajaran yang dikembangkan dapat berguna bagi guru Bahasa Inggris untuk membimbing dan mendukung pembelajaran siswa kelas delapan di semester kedua berdasarkan gaya belajar siswa seperti visual, aural, read/write, dan kinestetik dengan dikombinasikan problem based learning, project based learning, dan discovery learning untuk memberikan pembelajaran berdiffrensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Berdiffrensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Meliani
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:12
Last Modified: 23 Jul 2024 07:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item View Item