Apsari, Putu Linda (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031160-COVER.pdf Download (797kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031160-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031160-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORIR)
2011031160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031160-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031160-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Problem Based Learning berbantuan media tangram dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Direct Learning di kelas IV SD di Gugus V, Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Posttest-Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus V, Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian adalah kelas IV SDN 4 Kaliuntu sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 1 Kaliuntu sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif pada kelompok eksperimen (85,29) lebih besar dari kelompok kontrol (71,77) dan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelompok eksperimen (83,17) lebih besar dari kelompok kontrol (69,44). Dan berdasarkan hasil analisis MANOVA data kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika menunjukkan bahwa nilai F hitung untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root signifikan (0,000) lebih kecil dari (sig. 0,05). Dengan demikian, pembelajaran dengan Model Problem Based Learning berbantuan media tangram berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD di Gugus V, Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Model Problem Based Learning, media tangram, kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Linda Apsari |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 08:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 08:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20957 |
Actions (login required)
View Item |