PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 ABANG

Suteja, Kadek (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 ABANG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229091002-COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091002-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091002-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis canva, (2) Mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis canva untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Abang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner untuk data validitas ahli materi dan ahli media serta data kepraktisan guru. Hasil penelitian ini adalah 1) prosedur pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajran berbasis canva adalah model ADDIE (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), dan (5) tahap evaluasi (evaluation). 2) Produk media pembelajaran video animasi yang dikembangkan tergolong efektif, dilihat dari hasil validitas materi dan media diperoleh nilai CV sebesar 1, selanjutnya produk media pembelajaran video animasi yang dikembangkan tergolong praktis, secara umum nilai kepraktisan aspek ketertarikan sebesar 24,8 yang terkategori sangat baik, nilai aspek penyajian materi sebesar 24,4 yang terkategori sangat baik, nilai aspek bahasa diperoleh nilai sebesar 24,5 yang terkategori sangat baik. Secara umum rata-rata skor kepraktisan sebesar 24,5 dengan kategori sangat praktis, dengan demikian media pembelajaran video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas, sehingga didapat hasil efektifitas media pembelajaran melalui analisis angket motivasi siswa sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan media pembelajaran video animasi ke dalam proses pembelajaran mengamali peningkatan dari persentase 60% menjadi 90% sangat memotivasi siswa untuk belajar. Selanjutnya melihat hasil belajar siswa menggunakan analisis rumus N-Gain mendapatkan skor 0,71 yang terkategori sangat efektif digunakan dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I KADE SUTEJA
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:35
Last Modified: 25 Jul 2024 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item