Lupiana, Luluk (2024) THE DEVELOPMENT OF ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR 7TH GRADE AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021093-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021093-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021093-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam kegiatan belajar, materi belajar adalah komponen penting dalam menciptakan pembelajaran. Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk membantu siswa belajar, baik dalam bentuk materi tertulis seperti buku, modul, atau lembar kerja, atau materi yang tidak tertulis, seperti media audio atau video. Berdasarkan observasi awal di salah satu SMP di Kabupaten Buleleng, ditemukan bahwa guru tidak menggunakan buku utama dalam kegiatan belajar, buku hanya digunakan sebagai referensi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model ADDE untuk mengembangkan materi belajar bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum Emancipated yang mencakup pembelajaran yang bervariasi menurut gaya belajar siswa dan metode pembelajaran abad ke-21. Berdasarkan ATP yang digunakan oleh para guru, peneliti hanya mengembangkan dua topik dalam semester pertama yang termasuk "Memperkenalkan Diri dan Orang Lain" dan "Mendeskripsikan Orang". Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, menggunakan lembar observasi, wawancara, kuesioner dan lembar penilaian. Hasil penilaian produk dari ulasan ahli dan pengguna menunjukkan kriteria "Sangat Bagus”. Oleh karena itu, peneliti lain dapat membuat bahan tambahan berdasarkan Kurikulum Merdeka dengan meneliti topik yang berbeda untuk menghindari pembatasan ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Pembelajran, Kurikulum Merdeka, Materi Tambahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | LULUK LUPIANA |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:09 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20970 |
Actions (login required)
View Item |