Sri Vidyartika Putri, Komang (2024) THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED MATERIAL FOR TEACHING SIXTH-GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021131-COVER.pdf Download (888kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021131-ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021131-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021131-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021131-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021131-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021131-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021131-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021131-LAMPIRAN.pdf Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian DnD (Design and Development) dari Richey and Klein (2007) dengan empat macam tahapan yang terdiri atas desain, pengembangan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berdiferensiasi untuk membantu guru dalam proses pembelajaran di kelas 6. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dalam tahapan analysis yaitu wawancara guru, kuesioner siswa, analisis dokumen, observasi kelas, pengembangan matrix, pengembangan draft dengan menggunakan Canva, pengembangan media pembelajaran untuk masing – masing gaya belajar, penilaian ahli, dan penilaian dari pengguna. Berdasarkan pada data yang telah didapatkan oleh peneliti, peneliti menemukan bahwa guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang berdiferensiasi dalam segi konten materi, dan juga ragam kegiatan untuk membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa dari tahapan pengembangan, didapatkan hasil bahwa pengembangan dari bahan ajar melalui dua tahapan yang terdiri atas desain dan juga pengembangan dengan melalui tahapan mendesain matrix, revisi terhadap matrix yang dikembangkan serta membuat draft dari bahan ajar tersebut dalam bentuk word. Dalam tahapan pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi canva dan dilanjutkan dengan proses revisi beserta finalisasi dan penilaian dari ahli. Berdasarkan pada penilaian ahli, peneliti mendapatkan skor 5.00 dan 4.96 untuk bahan ajar berdiferensiasi dan dapat dikategorikan sebagai ‘Sangat baik’.Dalam tahapan evaluasi peneliti menemukan bahwa dari produk yang dikembangkan diperoleh hasil dengan nilai 5 yang diberikan oleh kedua user dari kedua sekolah yang dimana dapat dikatakan bahwa produk tersebut dapat dikategorikan sebagai 'Sangat baik'. Kata Kunci: bahan ajar berdiferensiasi, gaya belajar, problem-based learning, project-based learning, kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: bahan ajar berdiferensiasi, gaya belajar, problem-based learning, project-based learning, kurikulum merdeka. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Sri Vidyartika Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 05:37 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 05:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20974 |
Actions (login required)
View Item |