Wiarishintia, Ni Komang Jenisa (2024) THE EFFECT OF USING DEEPL ON 11th GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AT SMA N 2 SINGARAJA IN ACADEMIC YEAR 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021023-COVER.pdf Download (758kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021023-ABSTRACT.pdf Download (77kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
2012021023-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan menulis siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Singaraja dipengaruhi oleh penggunaan kecerdasan buatan DeepL. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain sekuensial penjelasan; untuk analisis kuantitatif digunakan desain kelompok kontrol non-ekuivalen kuasi eksperimental, dan untuk analisis kualitatif dilakukan wawancara mendalam dengan menggunakan model RASE. Purposive random sampling digunakan untuk memilih sampel, dan dua kelas berpartisipasi dalam penyelidikan. Sementara kelompok kontrol menerima instruksi tradisional, Kelompok eksperimen menerima pelatihan melalui AI berbasis DeepL. Analisis data deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen (81,36) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (76,26). Selain itu, analisis inferensial menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kompetensi menulis antara siswa yang diajar dengan DeepL AI dan mereka yang tidak diajar (Sig. (2-tailed) = 0,000, p <0,05), mendukung hipotesis alternatif bahwa pengajaran yang ditingkatkan dengan DeepL AI mengarah pada hasil yang lebih unggul. Selain itu, hasil analisis inferensial menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kompetensi menulis antara siswa yang menerima instruksi AI berbasis DeepL dan mereka yang tidak (Sig.(2-tailed) = 0,000, p <0,05), membenarkan hipotesis alternatif bahwa diperoleh hasil yang lebih baik dari instruksi DeepL yang disempurnakan dengan AI. Hasil wawancara memberikan lebih banyak bukti efektivitas DeepL dalam meningkatkan kemampuan menulis dengan membantu pembelajar bahasa memperluas kosa kata mereka, menyarankan kata lain, dan memberikan koreksi tata bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan buatan, DeepL, siswa EFL, keterampilan menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Jenisa Wiarishintia |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21016 |
Actions (login required)
View Item |