PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MARGA

Priastini, Ni Luh Wayan Desi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MARGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031281-COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031281-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031281-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031281-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031281-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031281-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031281-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031281-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031281-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking chips berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPAS kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (Quasi- Eksperimen Design). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Marga yang berjumlah 47 orang siswa. Sampel penelitian ini diperoleh dengan cara diundi sehingga didapatkan kelas V SD N 1 Baru yang berjumlah 8 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD N 2 Baru yang berjumlah 10 orang sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPAS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa berjumlah 25 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPAS dianalisis dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPAS antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Marga tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung = 3,750 > ttabel (α = 0,05, 12) = 2,178. Rerata gain skor kompetensi pengetahuan IPAS kelompok eskperimen = 0,52 > = 0,37 rerata gain skor kompetensi pengetahuan IPAS kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking chips berbasis Tri hita karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS kelas V SD Gugus I Kecamatan Marga tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Talking chips, Tri Hita Karana, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH WAYAN DESI PRIASTINI
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:19
Last Modified: 24 Jul 2024 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21065

Actions (login required)

View Item View Item