Utami, Ni Putu Galuh Kirana (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING SINKRONUS DENGAN ZOOM MEETING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011024-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011024-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011024-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penyebaran pandemi virus corona menyebabkan perubahan proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran daring. Untuk mengoptimalkan pembelajaran daring perlu adanya inovasi seperti pemanfaatan media kuis online yaitu Kahoot. Kuis membuat siswa mampu mengetahui tingkat pemahamannya sendiri dan interaktivitas dari kuis yang disajikan menjadikan siswa lebih fokus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran daring sinkronus dengan Zoom Meeting berbantuan Kahoot lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran daring sinkronus dengan Zoom Meeting berbantuan kuis asinkronus melalui WhatsApp. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan posttest only group design. Sampel sebanyak 72 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Negara terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian. Uji coba instrumen penelitian meliputi uji validitas isi dengan tiga pakar, uji validitas konstruk, dan uji reliabilitas dengan r11 sebesar 0,7741. Data prestasi belajar matematika siswa di analisis dengan uji t. Dari hasil analisis diperoleh t hitung sebesar -3,774 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,025 sehingga H0 ditolak, artinya prestasi belajar matematika siswa yang pembelajaran daring sinkronus dengan Zoom Meeting berbantuan Kahoot lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran daring sinkronus dengan Zoom Meeting berbantuan kuis asinkronus melalui WhatsApp. Jadi pembelajaran daring sinkronus dengan Zoom Meeting berbantuan Kahoot dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot, pembelajaran daring, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Galuh Kirana Utami |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 00:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 00:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
View Item |