Dananjaya, Putu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ISPRING SUITE 10 DENGAN STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TIPOGRAFI DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051106-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051106-ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051106-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051106-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051106-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051106-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051106-BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051106-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051106-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran yang menggunakan strategi PBL (Project Based Learning), diterapkan kepada siswa kelas X SMK Negeri 3 Singaraja di jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) pada mata pelajaran Tipografi. Serta keterlibatan media lain seperti materi berupa teks, gambar dan video. Namun masih terdapat kesulitan belajar pada siswa, yakni dari 28 siswa dalam satu kelas, terdapat 43.3% siswa ragu-ragu, 36.7% siswa tidak setuju, 16.7% siswa setuju dan sisanya 3.3% siswa sangat sejutu bahwa mata pelajaran Tipografi di sekolah “sulit” dipahami. Solusi yang ditawarkan yaitu mengembangkan media interaktif pada mata pelajaran Tipografi. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap media interaktif pada mata pelajaran Tipografi yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini pada uji respon peserta didik menghasilkan rata-rata respon sebesar 79% dengan kriteria “Praktis”, kemudian pada uji respon guru sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Untuk penelitian pengembangan serupa, harap dapat menyempurnakannya dengan fitur-fitur dan teknologi yang lebih baik. Kata Kunci : Blended Learning, Media Interaktif, Tipografi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Media Interaktif, Tipografi |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Satya Dananjaya Dharma Putra |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 04:21 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 04:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21208 |
Actions (login required)
View Item |