PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DENPASAR

Putri, Gusti Ayu Devita Komala (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011079-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011079-ABSTRAK.pdf

Download (693kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2013011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011079-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tertulis bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap efikasi diri serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang dipakai diartikan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian tertulis diartikan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling didapat kelas VIII A sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang dipakai diartikan instrumen efikasi diri berupa kuesioner serta instrumen kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian dengan koefisien reliabilitas sejumlah 0,855 untuk kuesioner dan 0,880 untuk tes uraian. Sebelum malaksanakan uji hipotesis, dilaksanakan uji prasyarat meliputi uji normalitas multivariat, uji homogenitas varians, uji homogenitas matriks varian kovarian, uji korelasi antar variabel terikat. Setelah uji prasyarat terpenuhi, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Menurut hasil analisis uji MANOVA didapat nilai signifikansi sejumlah untuk uji hipotesis pertama sejumlah 0,007<0,05 dengan taraf signifikansi 5% memperlihatkan adanya perbedaan efikasi diri siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji hipotesis kedua didapat nilai signifikansi sejumlah 0,006<0,05 diperlihatkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji hipotesis ketiga didapat nilai signifikansi sejumlah 0,001<0,05 diartikan H0 ditolak dan H1 diterima ditemukan adanya perbedaan efikasi diri serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning dengan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal itu mengindikasi model discovery learning memberi pengaruh positif terhadap efikasi diri serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP negeri 1 Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Devita Komala Putri
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:57
Last Modified: 25 Jul 2024 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item View Item