Dwi Cahyani, Ni Kadek Megi (2024) Mengungkap Persepsi Penerapan Program Asistensi Relawan Pajak Di Universitas Pendidikan Ganesha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2017051043-COVER)
2017051043-COVER.pdf Download (836kB) |
|
Text (2017051043-ABSTRAK)
2017051043-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (2017051043-BAB 1 PENDAHULUAN)
2017051043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (457kB) |
|
Text (2017051043-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017051043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (2017051043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017051043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (2017051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017051043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (2017051043-BAB 5 PENUTUP)
2017051043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (2017051043-DAFTAR PUSTAKA)
2017051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (2017051043-LAMPIRAN)
2017051043-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mengenai penerapan program asistensi relawan pajak di Universitas Pendidikan Ganesha. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada petugas pajak yang ditugaskan di KPP Pratama Singaraja, Dosen Tax Center Universitas Pendidikan Ganesha, Wajib Pajak Orang Pribadi, serta Relawan pajak yang ditugaskan di penempatan KPP Pratama Singaraja, KP2KP Negara, dan KP2KP Amlapura. Metode pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif merupakan suatu metode penelitian dengan menjelaskan suatu fenomena dengan rinci menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan turun langsung ke lapangan yang mana dalam penelitian ini yang diungkap yaitu persepsi mengenai program asistensi relawan pajak di Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program asistensi relawan pajak merupakan program yang sangat bermanfaat bagi setiap entitas yang terlibat dapat program ini yaitu petugas pajak, dosen tax center, wajib pajak, dan relawan pajak. Program ini memberikan bantuan kepada petugas pajak yang bertugas selama melaksanakan pelaporan SPT Tahunan. Program ini dikatakan dapat menambah akreditasi kampus yaitu Universitas Pendidikan Ganesha terhadap banyak kegiatan yang dilaksanakan. Program ini memberikan bantuan kepada wajib pajak yang terkhususnya kurang dalam teknologi untuk turut serta mengetahui tata cara pelaporan SPT Tahunan melalui E-System Perpajakan. Program ini tentunya dapat memberikan wawasan kepada relawan pajak mengenai perpajakan yang nantinya akan berguna untuk di dunia kerja. Namun hal tersebut beriringan dengan hambatan yang dialami setiap responden pelaksanaan kegiatan program asitensi relawan pajak ini durasinya kurang lama sehingga setelah bulan April petugas pajak masih kesusahan dalam melaporkan SPT Tahunan dikarenakan antrean yang menumpuk. Terkendala miskomunikasi antara dosen tax center dengan relawan pajak yang kurang responsif. Terkendala dari persepsi relawan pajak yang menyatakan bahwa jadwal kegiatan program asistensi relawan pajak yang kerap kali berbenturan dengan jadwal perkuliahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengungkap, persepsi, asistensi, relawan pajak. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Megi Dwi Cahyani |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21291 |
Actions (login required)
View Item |