Simatupang, Hani Elinta (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bolavoli Kelas XI Perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011007_COVER.pdf Download (274kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011007_ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011007_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011007_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
20160110007_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011007_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011007_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (784kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011007_LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui materi bolavoli pada peserta didik kelas XI Perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 37 peserta didik. Data diambil dengan cara tes tulis dan tes praktek terhadap gerakan teknik dasar passing atas dan passing bawah dengan format asesmen teknik dasar passing atas dan passing bawah pada aspek kognitip, aspek psikomotor dan aspek afektif. Data di analisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil be;ajar PJOK materi bolavoli pada peserta didik dengan menggunakan Project based learning yang dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I 71,4 meningkat menjadi 86,3 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar sebelumnya di siklus I 12 (32,43%) orang meningkat menjadi 37 (100%) orang pada siklus II. Jadi model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi bolavoli pada peserta didik kelas XI Perhotelan. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih model pembelajaran Project based learning (PjBL) pada penelitian Tindakan kelasnya jika ingin mengatasi masalah hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Bolavoli Passing atas dan Passing bawah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Hani Elinta Br Simatupang |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21329 |
Actions (login required)
View Item |