PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI SD

Putra, I Gede Adi Suwarma (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031308-COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031308-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031308-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031308-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031308-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031308-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031308-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031308-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031308-LAMPIRAN.pdf

Download (686kB)

Abstract

Kurangnya pengembangan soal tes yang mengandung unsur HOTS dalam melatih siswa untuk dapat berpikir tingkat tinggi menyebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih tergolong rendah. Tuntutan kurikulum tidak dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD mata Pelajaran IPA untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D. Model penelitian 4D terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subyek dalam penelitian ini adalah Instrumen HOTS. Objek penelitian ini yaitu kualitas butir soal yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi kuantitatif, wawancara, angket, dan tes. Agar teruji kelayakannya, dilakukan analisis instrumen tes pilihan ganda yang meliputi uji validitas isi, uji validitas butir, uji reliabilitas, uji daya beda, serta uji tingkat kesukaran. Instrumen berbasis HOTS pada siswa kelas VI SD pada mata Pelajaran IPA, mendapatkan hasil analisis data yaitu, uji validitas isi instrument dinyatakan valid, uji validitas butir soal instrument dinyatakan valid, uji reliabilitas dinyatakan mempunyai reliabilitas tinggi, rata-rata hasil uji daya beda masuk dalam kriteria baik, serta uji tingkat kesukaran masuk dalam kriteria sedang. Dari uji yang telah dilakukan instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD mata Pelajaran IPA layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrument, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I GEDE ADI SUWARMA PUTRA
Date Deposited: 26 Jul 2024 09:03
Last Modified: 26 Jul 2024 09:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item