Saputra, I Gede Putu Krisna Darma (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 1 DAUH PEKEN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021014-COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021014-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021014-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Keterbatasan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan produk berupa e-book untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan dosen ahli serta siswa kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji statistik. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji pada tahap rancang bangun dan validitas produk yang dikembangkan. Selain itu, Teknik ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket/kuesioner sebagai deskriptif persentase. Kemudian uji statistic dilakukan melalui Uji-t berguna untuk menguji perbedaan pada nilai rata-rata hitung antara dua kelompok sampel yang berkorelasi dan sampel yang independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hasil validitas pengembangan bahan ajar e-book memiliki persentase sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-book berbasis problem based learning efektif diterapkan pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan dampak positif bagi pengajar, yakni memperluas pengetahuan guru dalam pengembangan serta memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga pengajar tidak dominan menggunakan metode ceramah. Kata Kunci: E-book, Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-book, Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Gede Putu Krisna Darma Saputra |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 09:19 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 09:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21451 |
Actions (login required)
View Item |