PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Ginting, Winata Ekelninta (2024) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2017011043-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2017011043-ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2017011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2017011043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif jenis kausal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singaraja dengan jumlah sampel sebanyak 181 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan minat terhadap hasil belajar siswa secara parsial dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa secara parsial dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa secara simultan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: WINATA EKELNINTA GINTING
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:18
Last Modified: 26 Jul 2024 08:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item View Item