PENGARUH MODEL IOC BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI TAHUN AJARAN 2023/2024

Antari, Ni Kadek Novi (2024) PENGARUH MODEL IOC BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURAH RAI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031213-COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031213-ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031213-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031213-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031213-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031213-BAB 4 HASILDAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031213-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031213-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031213-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) adalah suatu strategi pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh dari penerapan model IOC berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi terdiri dari 386 siswa kelas IV di SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan 30 siswa dari SD Negeri 5 Ubung sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa dari SD Negeri 4 Ubung sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik sampel, serta teknik statistik inferensial (uji-t) pooled variances untuk membandingkan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen sebesar 26,00 (kategori rendah), sedangkan kelompok kontrol sebesar 21,87 (kategori rendah). Pada post-test, rata-rata skor kelompok eksperimen mencapai 41,10 (kategori sangat tinggi), sementara kelompok kontrol mencapai 31,81 (kategori tinggi). Hasil uji-t menunjukkan t-hitung sebesar 23,34, yang signifikan lebih tinggi dari t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 59 adalah 2,0009. Hal ini mengindikasikan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (H1), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut dalam hal hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model IOC berbantuan media audio-visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Raitahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inside Outside Circle, Media Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK NOVI ANTARI
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:54
Last Modified: 27 Jul 2024 01:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item