Yudiantara, I Komang (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Mengenai Zat dan Perubahannya pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051055-COVER.pdf Download (748kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051055-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051096-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran yang disampaikan guru sering kali membuat peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dikarenakan guru yang hanya menggunakan sumber belajar dari buku paket tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis model pembelajaran Discovery Learning mengenai Zat dan Perubahannya pada mata pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura. Berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil perhitungan uji validitas ahli isi, desain dan media masing-masing sebesar 1,00 yang masuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Kemudian uji efektivitas yang dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,80 sehingga termasuk ke dalam kategori “Efektif”. Selain itu, hasil perhitungan uji respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 69,7 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Positif” sedangkan hasil perhitungan respon guru memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 47,5 termasuk ke dalam kategori “Sangat Positif”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis model pembelajaran Discovery Learning mengenai Zat dan Perubahannya pada mata pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, Discovery Learning, IPA, Zat dan Perubahannya |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Komang Yudiantara |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:35 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21523 |
Actions (login required)
View Item |