Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Mengenai Zat dan Perubahannya pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura

Yudiantara, I Komang (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Mengenai Zat dan Perubahannya pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051055-COVER.pdf

Download (748kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051055-ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051096-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051096-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051096-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang disampaikan guru sering kali membuat peserta didik merasa bosan dan kurang tertarik dikarenakan guru yang hanya menggunakan sumber belajar dari buku paket tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan serta mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis model pembelajaran Discovery Learning mengenai Zat dan Perubahannya pada mata pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura. Berdasarkan pengumpulan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil perhitungan uji validitas ahli isi, desain dan media masing-masing sebesar 1,00 yang masuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Kemudian uji efektivitas yang dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,80 sehingga termasuk ke dalam kategori “Efektif”. Selain itu, hasil perhitungan uji respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 69,7 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Positif” sedangkan hasil perhitungan respon guru memperoleh nilai rata-rata respon sebesar 47,5 termasuk ke dalam kategori “Sangat Positif”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis model pembelajaran Discovery Learning mengenai Zat dan Perubahannya pada mata pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 5 Amlapura valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, Discovery Learning, IPA, Zat dan Perubahannya
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Komang Yudiantara
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:35
Last Modified: 29 Jul 2024 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item View Item