DEVELOPING E-LEARNING-BASED ENGLISH MATERIAL FOR THE TENTH GRADE ARCHITECTURE ENGINEERING DEPARTMENT STUDENTS OF SMKN BALI MANDARA

Sitadewi, Nope Luh (2020) DEVELOPING E-LEARNING-BASED ENGLISH MATERIAL FOR THE TENTH GRADE ARCHITECTURE ENGINEERING DEPARTMENT STUDENTS OF SMKN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1312021137-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1312021137-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1312021137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1312021137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1312021137-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1312021137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1312021137-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1312021137-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1312021137-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menemukan menemukan jenis materi tambahan bahasa inggris, rancangan, dan kualitas materi bahasa inggris yang diperlukan untuk mengajar bahasa Inggris berbasis E-learning untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMKN Bali Mandara. Penelitian ini dirancang dalam bentuk model penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Richey dan Klein (2007) yang memiliki tiga proses yaitu Desain, Pengembangan dan Evaluasi. Materi yang harus dikembangkan diidentifikasi berdasarkan analisis silabus yang menghasilkan 5 (lima) materi pembelajaran seperti announcement, transactional interactional texts, recount text, narrative text, dan song lyrics. Hasil desain bahan bahasa Inggris mengidentifikasi bahwa setiap BAB harus dilengkapi dengan judul bab, kompetensi siswa, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, dan bagian penilaian. Produk yang dikembangkan dinilai dengan expert judgement (uji ahli), dimana kriteria penilaian didasarkan pada delapan prinsip yang perlu diikuti dalam mengembangkan materi pembelajaran untuk ESP oleh Widodo dan Pusporini (2010). Delapan prinsip tersebut yaitu memiliki tujuan yang jelas, memiliki tugas belajar, memiliki tugas yang berdasarkan kemampuan siswa, memiliki tugas yang berdasarkan komunikasi, memiliki materi keterampilan bahasa terintegrasi, memiliki materi pembelajaran yg asli, memiliki materi yang berdampak, serta materi dapat menjadi contoh dalam penggunaan diluar kelas . Hasil dari uji ahli menunjukkan bahwa produk tersebut dikategorikan "Sangat Baik" dengan skor total 206. Ini berarti bahwa produk ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan oleh guru untuk meningkatkan proses belajar mengajar untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMKN Bali Mandara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: materi belajar digital, target situation analysis, jurusan teknik gambar bangunan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Nope Luh Sita Dewi
Date Deposited: 23 Jul 2020 15:02
Last Modified: 23 Jul 2020 15:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item