Satyawan, Made Adi (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANJI ANOM SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011021009_COVER.pdf Download (586kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011021009_ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021009_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021009_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021009_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021009_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021009_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011021009_LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana pada mata pelajaran ipas siswa kelas v sd negeri 1 panji anom singaraja tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana rancang bangun e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024,(2)mengetahui bagaimana validitas e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024 berdasarkan penilaian ahli isi, ahli media dan ahli desain, (3) mengetahui bagaimana respon pengguna e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024 berdasarkan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil,(4) mengetahui bagaimana efektivitas e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 1 Panji Anom Singaraja Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. Metode ADDIE adalah metode sistematis yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini (1) telah menghasilkan perancangan e-book dari tahapan analisis hingga tahapan evaluasi, (2) telah mengetahui validitas dari para ahli, skor dari ahli isi pembelajaran sebesar 96%, skor dari ahli media pembelajaran sebesar 96% dan skor dari ahli desain pembelajaran sebesar 94,66%. (3) telah mengetahui respon pengguna berdasarkan uji perorangan dan kelompok kecil, skor dari uji coba perorangan sebesar 92,8% dan skor dari uji coba kelompok kecil sebesar 91,48% dan (4) mengetahui efektifitas e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana dilihat dari perhitungan uji-t menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana. Nilai post-test berada di atas KKTP, disimpulkan bahwa penggunaan e-book berbasis kearifan lokal tri hita karana efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas V di SDN 1 Panji Anom. Kata kunci : Pengembangan, e-book, tri hita karana, ADDIE, ilmu pengetahuan alam dan sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-book, tri hita karana, ADDIE, ilmu pengetahuan alam dan sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Made Adi Satyawan |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:16 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21602 |
Actions (login required)
View Item |