ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART DAN MATHEMATICS) BERBANTUAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK -KANAK GUGUS V BULELENG

Pratiwi, Ni Komang Yadni Okta (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART DAN MATHEMATICS) BERBANTUAN MEDIA LOOSE PART TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK -KANAK GUGUS V BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011061023-COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011061023-ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011061023-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran STEAM dengan media loose part terhadap keterampilan kolaborasi anak usia dini. Adapun tempat penelitian adalah TK Eka Dharma dan TK Kartika VII-3 Singaraja, yang merupakan Gugus V di Kecamatan Buleleng yang sudah menerapkan pembelajaran bermuatan STEAM. Kemudian, penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah guru kelompok B. Kemudian, untuk keabsahan data menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan pembelajaran STEAM berbantuan media loose part di Taman Kanak-Kanak Gugus V Buleleng sudah terlaksana dengan baik. Guru-guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pertama yakni perencanaan yang meliputi pembuatan rencana kegiatan pembelajaran STEAM berbantuan media loose part dalam bentuk modul ajar, penjadwalan kegiatan STEAM dengan media loose part dan persiapan alat dan bahan loose part atau invitasi. Tahap kedua yakni pelaksanaan, yang terdiri dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup serta penerapan muatan pembelajaran STEAM dengan media loose part. Tahap ketiga yakni evaluasi, pada tahap evaluasi guru melakukan penilaian atau asesmen terkait hasil belajar anak dalam format penilaian cek list, catatan anekdot, foto berseri dan hasil karya. Keterampilan kolaborasi anak sudah berkembang sesuai harapan dengan menerapkan metode pembelajaran berkelompok. Dalam implementasi STEAM berbantuan media loose part tentunya terdapat keunggulan dan kendala. Sekolah sudah mampu mengatasi kendala-kendala yang dialami selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: STEAM, Media Loose Part, Kolaborasi, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Komang Yadni Okta Pratiwi
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:48
Last Modified: 31 Jul 2024 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item