Sitepu, Shella Febina Br (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANJAR BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031036-COVER.pdf Download (678kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031036-ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031036-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kevalidan LKPD, kepraktisan LKPD serta efektivitas LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi Cahaya dan sifatnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 2 Banjar Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD Negeri 2 Banjar Bali sebanyak 14 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuisioner. Instrument yang digunakan yakni lembar kuisioner dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistic inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran khususnya pada materi Cahaya dan sifatnya. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan mampu menjadi contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, LKPD, pendekatan saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Shella Febina Br Sitepu |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21624 |
Actions (login required)
View Item |