Denia, Komang Ayu Dipla (2024) ANALISIS KESALAHAN FONOOGI DALAM BAHASA BALI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN HATI YANG KREATIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061031-COVER.pdf Download (725kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061031-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
2011061031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan fonologi dalam membaca dan memahami Bahasa Bali pada anak tunagrahita. Adapun tempat penelitian adalah Yayasan Hati Yang Kreatif, yang merupakan sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang mengajarkan calistung dan membuat kerajinan. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini memfokuskan pada pembelajaran Bahasa Bali untuk mengteahui bentuk kesalahan fonologi. Kemudian, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesalahan-kesalahan fonologi seperti kesalahan pelafalan penghilangan fonem dan kesalahan pelafalan penambah fonem pada bunyi dalam Bahasa Bali. Selain itu faktor penyebab terjadinya kesalahan fonologi karena kemampuan kognitif yang rendah, siswa mudah bosan atau sulit memahami pembelajaran, dan faktor Bahasa ibu atau lingkungannya. Dengan beberapa factor yang terjadi guru mempunyai Solusi untuk mengatasi bentuk kesalahan fonologi. Kata Kunci: Bahasa, Kesalahan fonologi Bahasa Bali, Anak Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa, Kesalahan fonologi Bahasa Bali, Anak Tunagrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Dipla Denia |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21630 |
Actions (login required)
View Item |