PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN EDPUZZLE PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU KELAS III DI SD NEGERI 1 PANJI ANOM SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

yunitawati, cindyaprillia (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN EDPUZZLE PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU KELAS III DI SD NEGERI 1 PANJI ANOM SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011021004-COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011021004-ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011021004-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan dan mengetahui efektivitas media video pembelajaran interaktif menggunakan edpuzzle pada tema 3 subtema 1 aneka benda di sekitarku kelas III SD Negeri 1 Panji Anom. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli isi materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain, siswa kelas III SD Negeri 1 Panji Anom. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan angket. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif – kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video pembelajaran meliputi : (1) rancang bangun pengembangan video pembelajaran menggunakan edpuzzle pada tema 3 subtema 1 aneka benda di sekitarku yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi; (2) hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi materi memperoleh persentase sebesar 86,66% dengan kualifikasi baik. (b) Hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh penilaian sebesar 89,09% dengan kualifikasi baik. (c) Hasil penilaian ahli media memperoleh penilaian sebesar 93,68% dengan kualifikasi sangat baik. (d) Hasil penilaian uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 89% dengan kualifikasi baik, (e) Hasil evaluasi uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 97,2% dengan kualifikasi sangat baik; (3) efektivitas pengembangan video pembelajaran interaktif menggunakan edpuzzle dihitung berdasarkan hasil perhitungan uji paired sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media video pembelajaran interaktif menggunakan edpuzzle tema 3 subtema 1 aneka benda di sekitarku kelas III SD Negeri 1 Panji Anom tahun pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Interaktif1, Edpuzzle2, ADDIE3, Motivasi Belajar4
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Cindy Aprillia Yunita Wati
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:58
Last Modified: 01 Aug 2024 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item