Dewi, Putu Evi Susita (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI PENANGGULANGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA “REJECT TO BULLYING AWAKEN THE MONSTER IN YOU”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051098-COVER.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051098-ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051098-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051098-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051098-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kasus Bullying di Indonesia marak terjadi terutama pada sektor Pendidikan. Layanan informasi yang kurang memadai dapat menghambat kesadaran seseorang dalam menanggapi masalah perilaku bullying. Berdasarkan hasil wawancara dari sekolah SMK N 3 Singaraja, terdapat bullying verbal yang terjadi pada siswa. Oleh karena itu dirancang media animasi untuk membantu memberikan edukasi terhadap siswa. Perancangan video animasi dibuat menggunakan Adobe Coreldraw, Adobe Animator, Adobe Premier Pro dan Adobe Audition dengan pengemasan video yang sederhana diharapkan dapat membantu mengatasi bullying yang terjadi disekolah. Pengembangan video animasi 2 dimensi memakai permodelan MDLC yang tersusun atas 6 tahap yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Objek riset berikut yaitu dua pakar isi, dua pakar media, serta 10 siswa sebagai uji responden pengguna. Bersumber pada hasil Analisa validasi produk yang dilaksanakan oleh: (a) uji pakar isi melalui kreteria validitas pada rentang nilai 0,66 berada pada taraf validitas tinggi dan layak guna dilanjutkan, (b) uji ahli media dengan kreteria validitas pada rentang nilai 0,64 berada pada tingkat validitas tinggi, (c) uji responden pengguna mencapai kriteria sangat positif dan sangat baik. Bersumber hasil riset pada umumnya memperlihatkan bahwasanya pengembangan video animasi 2 dimensi berkriteria sangat baik. Harapannya video animasi bisa membantu guru dan mempermudah siswa untuk mengatasi Tindakan bullying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi 2 dimensi, bullying, MDLC |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Evi Susita Dewi |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 06:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 06:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21711 |
Actions (login required)
View Item |