Jodi, Antonius Alit Umbu (2024) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF PEMASANGAN BATA DAN KUSEN BERSTRATEGI FLIPPED CLASSROOM KELAS XI BKP DI SMKN 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051093-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051093-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051093-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mulai terbiasanya pembelajaran jarak jauh yang dipadu dengan tatap muka di kelas, namun masih belum adanya konten dan bahan ajar yang relevan saat ini yang dapat menghubungkan pembelajaran online dengan offline pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan pengembangan konten pembelajaran interaktif berstrategi flipped classroom pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi dan properti kelas XI BKP di SMK Negeri 3 Singaraja dengan menggunakan articulate storyline 3, (2) Mendeskripsikan respons guru mata pelajaran dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berstrategi flipped classroom pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi dan properti kelas XI BKP di SMK Negeri 3 Singaraja dengan articulate storyline 3. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI BKP di SMK Negeri 3 Singaraja dan satu orang guru pengampu mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi dan properti. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi ahli (ahli isi, ahli desain dan media), angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, dan angket uji coba lapangan, angket respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil rancangan dan implementasi konten pembelajaran interaktif berstrategi flipped classroom pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan konstruksi dan properti dengan articulate storyline 3 berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari para ahli isi, serta ahli desain dan media pembelajaran, dengan perolehan rata-rata nilai sebesar 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid”, (2) Hasil dari perhitungan respons guru dan peserta didik menunjukan skor rata-rata sebesar 44 untuk guru dan 73 untuk peserta didik, dengan kategori “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Flipped Classroom, Model ADDIE, Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | ANTONIUS ALIT UMBU JODI |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21729 |
Actions (login required)
View Item |