Muliastrini, Ni Ketut Erna (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS NILAI KARAKTER DENGAN SETTING PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1939031002-COVER)
1939031002-Cover.pdf Download (589kB) |
|
Text (1939031002-ABSTRAK)
1939031002-Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text (1939031002-BAB 1 PENDAHULUAN)
1939031002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (199kB) |
|
Text (1939031002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939031002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (1939031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939031002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (1939031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939031002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) | Request a copy |
|
Text (1939031002-BAB 5 PENUTUP)
1939031002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (1939031002-DAFTAR PUSTAKA)
1939031002-Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) |
|
Text (1939031002-LAMPIRAN)
1939031002-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian R&D ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPAS berbasis karakter dengan setting model pembelajaran STML yang memenuhi kelayakan. (2) Menganalisis dan mendeskripsikan validitas Perangkat Pembelajaran IPAS Berbasis Nilai- Nilai Karakter dengan Setting Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan.(3) Menganalisis dan mendeskripsikan kepraktisan implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Nilai- Nilai Karakter dengan Setting Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa.(4) Menganalisis dan menemukan efektivitas implementasi Perangkat Pembelajaran IPAS Berbasis Nilai- Nilai Karakter dengan Setting Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4D yaitu define, design, develop dan dessminate. Data dianalisis secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Uji ANAVA satu jalur dan Uji Tukey. Hasil penelitian menemukan yaitu: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid dan praktis dengan kategori sangat baik. (2) Terdapat peningkatan karakter siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran IPAS berbasis karakter dengan setting STML dengan kategori membudaya (3) Terdapat pengaruh implementasi Perangkat Pembelajaran IPAS dengan setting STML untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD. (F=82,299 dan p<0,05). (4) Hasil tindak lanjut dengan Uji Tukey menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran IPAS berbasis karakter dengan setting STML mengalami peningkatan yang signifikan (Qh>Qt=15,62>2,89).
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi sains, Perangkat Pembelajaran IPAS Berbasis Nilai Karakter, Setting Pembelajaran STML, Siswa SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | NI KETUT ERNA MULIASTRINI |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 10:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 10:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21741 |
Actions (login required)
View Item |