PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SMP KELAS IX BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Argawungsu, I Dewa Gede Pandhya (2024) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SMP KELAS IX BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071061-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071061-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071061-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitiani ini bertujuani untuk menghasilkan buku digital iberbasis learning cycle 5E pada materii sistem reproduksi manusia yang memiliki karakteristik, validitas, kepraktisan dan keterbacaan yang baik. iPenelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Galli dengan imenggunakan lima tahapan awal darii model pengembangan Borg & Gall yakni: Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary of Product, Preliminary Field Testing, dan Main Product Revision.i Subjek penelitian ini idilakukan oleh dua orang ahli materi dan media, lima orang guru IPA, dan sepuluh orangi siswa SMP kelas IX. Instrumen ipada penelitian ini adalah lembar validasi, kepraktisan dani keterbacaan idengan menggunakan penilaian skala Likert padai interval 1-5. Teknik analisis data pada penelitiani ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif serta deskriptif kualitatif. Teknik analisis deskriptif kuantitatif dilakukan untuk mengolah data hasil angketi analisis kebutuhan, angket validasi isi, serta angket analisis media dan bahasa sedangkan teknik analisis ikualitatif digunakan untuk mengolah data berupa kritik, saran, dan masukan yang diberikan olehi para validator. Penelitian ini menunjukkan bahwa, buku digital sistem reproduksi manusia memiliki karakteristik buku yang dikembangkan yaitu (1) Penjelasan materi sistem reproduksi manusia menggunakan tahapan learning cycle 5E, (2) Tampilan buku digital dibuat dalam bentuk web. Buku digital ini juga dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat terbaca dengan irata-rata skor total yang didapatkan dari aspek validasi materi sebesari 0,92, validasi bahasa sebesar 1,00, validasi media yaitu 1,00, aspek kepraktisan sebesar 4,52, dan aspek keterbacaan sebesar 4,28. Hal ini menyatakan bahwa buku digital berbasis learning cycle 5E efektif digunakan idalam proses pembelajaran. Kata ikunci: IPA, bahani ajar, buku digital, learningi cycle 5E.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPA, bahan ajar, buku digital, learning cycle 5E.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Dewa Gede Pandhya Argawungsu
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:01
Last Modified: 02 Aug 2024 03:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21776

Actions (login required)

View Item View Item