PROFIL EFIKASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI DENGAN AKREDITASI B DI KECAMATAN SAPEKEN

Mujahidah, Anni (2024) PROFIL EFIKASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI DENGAN AKREDITASI B DI KECAMATAN SAPEKEN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031023-COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031023-ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1713031023-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031023-LAMPIRAN.pdf

Download (117kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan profil efikasi diri siswa dalam pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah. Efikasi diri, yang merujuk pada keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu, diyakini mempengaruhi motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan menyebarkan angket efikasi diri yang telah dimodifikasi dari angket penelitian yang dikembangkan oleh Dewi Kemala kepada siswa sekolah menengah di wilayah Kecamatan Sapeken. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan tingkat efikasi diri siswa serta faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti pengalaman belajar sebelumnya, dukungan guru, dan fasilitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri siswa dalam pembelajaran kimia berada pada kategori baik dengan persentase 79,22%. Artinya hampir semua siswa menilai dirinya positif ketika belajar di sekolah. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran kimia yang lebih efektif dan mendukung peningkatan efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, pembelajaran kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: ANNI MUJAHIDAH
Date Deposited: 03 Aug 2024 05:27
Last Modified: 03 Aug 2024 05:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21830

Actions (login required)

View Item View Item