Prawisanthi, Ni Wayan Tasya Astri Prawisanthi (2024) COMPARISON OF EFL INTROVERT AND EXTROVERT STUDENTS’ ANXIETY, STRESS, AND MOTIVATION AFTER COVID-19 PANDEMIC IN SMA NEGERI 3 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081047-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081047-ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2129081047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 Kajian Teori)
2129081047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 Metodelogi Penelitian)
2129081047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 Hasil Dan Pembahasan)
2129081047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 Penutup)
2129081047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081047-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Pada tahun 2020, pemerintah Indonesia menerapkan pembatasan sosial berskala besar, yang menyebabkan peralihan ke pendidikan sepenuhnya online. Temuan awal menunjukkan bahwa pembelajaran hybrid, yang menggabungkan metode online dan offline, telah menghasilkan tingkat stres, kecemasan, dan motivasi yang bervariasi di kalangan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan. Penelitian ex-post facto ini menyelidiki hubungan sebab akibat antara tipe kepribadian (ekstrovert dan introvert) dan tingkat kecemasan, stres, dan motivasi pada siswa EFL di SMA Negeri 3 Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan variabel-variabel tersebut antara siswa ekstrovert dan introvert di era pasca-COVID-19. Empat pertanyaan penelitian memandu penelitian ini, dengan fokus pada perbedaan kecemasan, stres, dan motivasi antara kedua kelompok ini. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa IPS sebagai sampel penelitian. Kuesioner didistribusikan untuk mengelompokkan siswa introvert dan ekstrovert. Selain itu, kuesioner juga didistribusikan untuk mengumpulkan data terkait kecemasan, stres, dan motivasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Temuan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kecemasan, stres, dan motivasi antara siswa ekstrovert dan introvert. Oleh karena itu, diharapkan lebih banyak hasil kajian dan diskusi dalam konteks terkait di masa depan, yang lebih mengisyaratkan kesadaran psikologis dalam lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Stres, Motivasi, Siswa Ekstrovert dan Introvert. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Tasya Astri Prawisanthi |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21916 |
Actions (login required)
View Item |