PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA TEKNIK SERVIS BULUTANGKIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAWAN

Utangka, I Kadek Bhaskara (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA TEKNIK SERVIS BULUTANGKIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011094-COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011094-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011094-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011094-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011094-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis flipbook pada teknik servis bulutangkis untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan serta mengetahui tanggapan dari para ahli serta peserta didik dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan. Penelitian ini dimplementasikan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner berbentuk skala skor dan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan bahan ajar digital berbasis flipbook yang dilakukan yakni: (a) rancang bangun pengembangan menggunakan model pengemabangan ADDIE, ada lima tahapan dalam model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) (b) ahli isi pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase 96%, (c) ahli desain pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 92%, (d) ahli media pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase 95%, (e) uji perorangan pada kategori sangat baik dengan persentase 93%, (f) uji coba kelompok kecil pada kategori sangat baik dengan persentase 90%, (g) uji coba kelompok besar pada kategori sangat baik dengan persentase 92%. Dari hasil tersebut dikatakan bahwa bahan ajar digital berbasis flipbook pada teknik servis bulutangkis untuk kelas VIII dapat dinyatakan layak digunakan. Saran kepada pengajar untuk mengimplementasikan bahan ajar digital berbasis flipbook pada mata pelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Bulutangkis, ADDIE, Flipbook
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Kadek Bhaskara Utangka
Date Deposited: 08 Aug 2024 14:20
Last Modified: 08 Aug 2024 14:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item