Pradipta, I Made Allen Somanjaya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA VOLI PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011082-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011082-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011082-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Model pembelajaran jigsaw merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar PJOK materi bola voli pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomize pretest-posttes control group the same subject design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari dua kelas. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen penilaian kongnitif, psikomotor, afektif, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent Sample Tes dengan bantuan spss 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean untuk kontrol sebesar 76.09 sedangkan nilai mean untuk eksperimen sebesar 81.82. Nilai eksperimen lebih besar daripada kontrol. Selain itu didapatkan juga nilai p-value sebesar 0.000, nilai tersebut < 0.05. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audiovisual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi bola voli kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawan. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audiovisual karena sudah terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Audiovisual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Allen Somanjaya Pradipta |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 00:30 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 00:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21953 |
Actions (login required)
View Item |